Asal Mula Virus Komputer

Virus pertama kali ditemukan pada tahun 1981 yang bernama ‘Elk Cloner’ di TEXAS. Elk Cloner menyebar melalui disket Apple II yang ada operating systemnya. Elk Cloner ini mendisplay pesan di layar yang berbunyi: “It will get on all your disks-It will infiltrate your chips–yes it is Cloner! -It will stick to you like glue-It will modify RAM too-send in the Cloner!”  artinya: “Ini akan menyebar pada semua disk Anda-ini akan menyusup ke dalam chip anda-ya itu Cloner! -Ini akan menempel pada komputer anda seperti lem-Ini akan mengubah RAM juga-mengirim di Cloner”

Nama ‘Virus’ ini sendiri baru diberitahukan tahun 1983 oleh Len Adleman pada tanggal 3 November 1983 dalam sebuah seminar yang membahas tentang cara membuat virus dan memproteksi diri dari virus.

Selang satu tahun muncul virus yang menginfeksi file. Biasanya yang diserang adalah file yang berekstensi *.exe. Virus ini bernama ‘suriv’ dan termasuk dalam golongan virus “jerussalem”. Virus ini menyerang mainframe IBM selama 1 tahun.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, muncul virus yang mengkombinasi virus macro dan worm yang bernama ‘Melissa’. Virus ini menyebar ke orang lain lewat Email dan akan menyebar ke semua alamat Email yang ada di address book. Sampai saat ini masih ada jutaan virus yang menyebar lewat Internet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: